Mungkin Peluang Usaha yang satu ini Cocok Untuk Kamu

Peluang usaha sangat banyak pilihannya. Peluang usaha apa yang paling berpotensi untuk anda kembangkan? Cakupan peluang usaha sekarang terentang mulai dari yang tanpa modal sampai yang padat modal. Dari yang hanya membutuhkan tempat kecil bekas garasi sampai yang butuh menyewa kios.

Kalau anda adalah seorang pemula dalam dunia usaha, maka memulai dari yang paling simple sepertinya pilihan yang paling baik. Tak perlu bingung mencari modal jika anda memang tidak punya modal. Bagaimana jika tak hanya modal yang kosong? Relasi, tempat, barang, atau keberanian juga kurang….jangan berkecil hati bung! Banyak jalan menuju sukses.

Ok ayo kita bicara peluang usaha yang hanya modal dengkul.

Menurut bisnisto.com contoh kongkrit bisnis modal dengkul kita ambil contoh usaha online yang saya punya. Alhamdulillah sekarang saya sudah punya toko online. Bagaimana memulainya? Sederhana saja. Modal buat web dengan hosting dan domain seharga 300an ribu rupiah/ tahun anda sudah bisa punya toko online. Bahkan dengan blog gratisan seperti blogspot atau wordpress saja usaha sudah bisa jalan. Ada lo yang jualan pakai blog gratisan tapi omset jutaan. Dengan jangkauan pasar seluruh Indonesia bahkan dunia, saya beberapa kali sempat dapat email dari orang Malaysia yang mau berbisnis dengan saya …walaupun belum ada yang deal xixixi….tapi setidaknya hanya dengan modal pas-pasan anda bisa menjangkau pasar yang begitu luaaaaasssss.

Dan membuat online shop jauuuuuh lebih murah daripada membuat toko konvesional. Ceritanya hampir bersamaan dengan establishnya toko online saya itu… istri saya juga membuat toko online. Modal sewa kiosnya 4 juta per tahun.Belum barang-barangnya. Ini toko joinan sama temannya. Dan anda tahu berapa modal teman istri saya untuk sewa kios dan mengisi toko? 10 juta!

Dan 4 bulan berikutnya terpaksa toko harus ditutup karena ternyata sepiiiiiiii….xixixixi. Mungkin kurang promosi ya….pelajaran kalau usaha itu harus selalu membutuhkan ketekunan. Coba bayangkan saja duit 10 juta kalau untuk buat toko online bisa jadi berapa ….orang buat satu toko online saja cuma butuh 300an ribu! Itu juga balik modalnya cepet. Karena sekitar satu bulan sudah dapat pembeli apalagi mendekati puasa sama lebaran….otomatis omset toko online saya melonjak sampai 15an juta. Dan biaya operasional bisa dipangkas…kas! Tidak perlu bayar pegawai toko, tidak perlu promosi dan lain-lainnya. Apalagi dikombinasikan dengan smartpone semacam Blackberry…wuzzzz InsyaAllah usaha bisa makin berkembang pesat.

Hey itu kan masih butuh modal pak?

Hmmmm….okelah kalau menurut anda 300ribu masih nggak terjangkau…ya anda mesti mengurungkan niat untuk buka usaha saja…xixixix…maaf tapi semua usaha perlu modal kawan…ya modal uang ya modal tenaga…jadi kalau mau cari peluang usaha yang tanpa modal…sepertinya agak susah. Anda tetap harus butuh MODAL…semua jenis modal baik uang, mental, usaha, tenaga, relasi semuanya. Tapi ingat mulailah dengan yang anda punya.

Prinsip menjadi usahawan atau bisnisman adalah : “DO WHAT YOU CAN DO WITH WHAT YOU HAVE WHERE YOU ARE”. Mulai dengan apa yang anda bisa dengan apa yang anda punya dimanapun anda berada!

Seperti teman saya yang usahanya adalah pemasok makanan ringan atau snack ke warung-warung koboi angkringan. Tahu warung koboi? Kalau di Solo namanya warung hik. Itu adalah penjual kakilima yang menggunakan gerobak dan menjual berbagai macam makanan. Dan menu yang spesial harus ada di warung hik adalah nasi kucing alias nasi bungkus dengan irisan kecil ikan bandeng plus sambal. Mulai buka biasanya sore hari sampai pagi hari
Nah teman saya merintisnya sejak kuliah. Dulu sebelum punya motor dia keliling pakai sepeda onthel. Oh ya sebelum memulai bisnis ini. Karena tidak punya uang dia kalau malam hari nyambi membantu pamannya jualan di hik. Kerjanya…cuci piring! Padahal dia mahasiswa jurusan bahasa Inggris.

angkringan-di-itb-bandung

Kemudian dia mulai keliling menitip snack-snack ke warung-warung hik di Solo. Kini dia sudah punya ratusan pelanggan. Kalau pagi sampai siang mengajar. Malam hari dia keluar. Seperti batman saja ya hihi…tapi jangan salah sekali keluar….dia bisa pulang mengantongi duit ratusan ribu rupiah. Sebulan dia pernah bilang bersihnya bisa 3-4 juta. Itu sudah untung bersih. Bahkan dengan mudahnya dia bisa membawa sekitar 5jutaan kalau mau. Tapi mungkin waktunya terbatas karena dia juga seorang guru. Dan sekarang sudah merambah menjadi seorang blogger.

Perhatikan metamorfosa bisnis teman saya itu! Dari yang awalnya seorang pencuci piring sampai akhirnya punya usaha sendiri. Apakah dia butuh modal besar? Tidak. Karena modal 100-200rb sudah bisa untuk kulakan snack di tempat grosirnya. Bisa mendapat 1-2 bal. Kalau dipack kecil-kecil di plastik bisa jadi puluhan atau ratusan snack.

So, kalau anda sedang mencari peluang usaha yang paling cocok. Jangan tunda-tunda niat anda. Sesuaikan dengan kemampuan dan modal yang ada kemudian langsung action! Jangan lupa berdoa dan bersedekah karena itu factor kunci kesuksesan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s